Senin, 28 Maret 2011

Rumah-rumah Sketchup

Gambar-gambar yang akan anda lihat ini merupakan gambar-gambar rumah 3 dimensi yang formatnya sudah diubah menjadi JPEG yang merupakan kreasi-kreasi dari sang pemilik blog ini bersama Sketchup. Penulis telah menggunakan software tersebut selama lima tahun lebih. Penulis pertamakali menggunakan software tersebut ketika duduk di bangku SMA. Dimana, software generasi yang digunakan merupakan software versi ke-5 yang dikeluarkan oleh @last software. Pada tanggal 14 Maret 1006 perusahaan search engine raksasa Google membeli software tersebut dan mengubah namanya menjadi Google Sketchup. Adapun versi-versi Google Sketchup dimulai dari versi 6 sampai versinya saat ini yaitu Google Sketchup 8 yang perkembangannya terus diikuti oleh penulis.

Penulis sempat melakukan hal yang luar biasa ketika memasang software Sketchup 5 pada sebuah laptop yang hanya ber-prosesor Pentium II dengan RAM yang hanya 96MB. Penulis mengalami kesulitan karena performance yang sangat minim yang harus dihadapi dalam membuat suatu desain rumah. Namun penulis tidak menyerah sampai disitu. Penulis terus berusaha hingga membuat model rumah 3 dimensi pertama dari laptop tersebut walaupun belum jadi sepenuhnya. Namun, karena faktor kelalaian, penulis tidak dapat menampilkan 2 bangunan yang sempat dibangun oleh penulis yang rata-rata baru mencapai 60%.

Penulis sempat memasukan program Sketchup 6 ke sebuah komputer rumahan (PC) berkekuatan 1 GB pf RAM dengan VGA 256 MB. Namun penulis belum sempat berkutat dengan PC tersebut lantaran penulis mengaplikasikannya pada sebuah laptop selanjutnya yang berkekua
tan hanya 502 MB dan VGA 64 MB. Laptop ini sering digunakan untuk menjalankan software tersebut karena praktis, selain karena tuntutan untuk kuliah di Malang yang tidak memungkinkan untuk membawa PC tersebut. Penulis sempat membuat konsep Rumah dengan nama 'The Swan's Skyscraper concept. Proyek-proyek berikut yang pernah dibuat oleh penulis adalah The Modern from Swan, Swan MiniMax dan Swan MiniMax 2. Rumah-rumah yang telah dibuat penulis merupakan rumah-rumah dengan konsep minimalis. Rata-rata penulis merancang model rumah di atas sebidang tanah dengan luas 72 m^2. Sebuah luasan yang kecil namun penulis berusaha mengoptimalkan keminiman lahan. Hal ini dibuktikan dengan karya penulis, yaitu The Swan's Skyscraper concept yang dibangun dengan jumlah 6 lantai termasuk top view sebagai ruang santainya.


Model-model rumah lainnya dapat dilihat pada judul Swan's Housing

Tidak ada komentar:

Posting Komentar