Jumat, 18 Maret 2011

Ngasal jadi Bener

Percaya ga percaya ini adalah kisah yang baru aja gue alami.

Jadi ceritanya jum'at, 18 Maret jam 20.00 gue dikejutkan dengan sebuah sms dari temen gue. ada trouble sama laptopnya. kalo ga salah bunyi smsnya gini: "Tian, kalo buka apa apa lho mestinya yang keluar GOM player. Ya wes besok aja dibenahin. Guepun ngerasa kalo gue ada kerjaan baru. Ternyata dia gak berhenti sms sampe disitu. Dan gue ngerasa dia udah panik banget. hal itu terungkap dari my phone ringing, dan dia menelpon. Ketauan banget nadanya yang menandakan kalo dia cemas. Yaudah, gue mencoba membuat dia tenang. Kita bertemu di Gazebo sosek besok sabtu.

Akhirnya sabtu tanggal 19 Maret kita ketemu juga. Dia menyodorkan laptopnya yang 'kumat' dan ternyata masalahnya jauh dari yang gue duga. Gue belom pernah ngebetulin laptop kaya gini. gue mencoba nge-delete icon-icon tang emang udah berubah wujud menjadi GOM. ternyata semuanya sia-sia. Gue mencoba membuka file-file kaya Mozila Firefox, ato Microsoft Word dari program files, tapi tidak membuahkan hasil apapun.

kemudian gw mencoba membuka My Document dari komputer si doi yang kebetulan disimpan di D:/. Dokumen-dokumen itu ternyata masih ada dengan icon yang belum terkontaminasi. gue buka dan ternyata terbuka melalui Microsoft Word. Padahal, seperti yang gue bilang tadi, gue ga bisa buka Microsoft Word. kemudian, gue buka new text document dan alhasil, bekerja dengan baik.

gue coba meng-uninstal GOM dan ternyata icon-icon yang tadi terkontaminasi berubah menjadi berformat .ink. Gue panik saat itu juga. Gue bingung harus bagaimana. Gue tidak menyerah sampai di situ. Gue coba melakukan 'Shut Down' laptop sidoi.

Setelah mati, gue coba nyalain lagi. Di pojok kiri bawah ada tulisan 'press esc button to enter setup'. Gue pencet 'esc' button-nya, trus keluar sistem DOS-nya. Karena laptop si doi windows 7, dia langsung ngedeteksi masalah dan ujung-ujungnya gue disuruh melakukan 'repair'. Disitu tertulis kalo repair yang dimaksud adalah me'restore system. gue pun nurut.

Setelah menunggu beberapa menit, restore-pun selesai. Gue diantar ke suatu sesi restart dan setelah muncul tampilan desktop, gue terkejut. Semua berjalan seperti semula! Gue kaget sekaligus heran karena, selain gue belum pernah melakukan ini, gue juga ngerasa kalo ini tidak sulit dilakukan. Padahal gue sempet memvonis si doi kalo komputernya bakalan di-install ulang.

gue bener-bener bersyukur dan thenks banget sama temen gue si Wahyu anaknya pak Karsono. Dia ngasih tau gue kalo masalah-masalah komputer seperti itu jangan langsung main install ulang. jika di'restore' aja udah beres, kan nggak perlu install ulang. ya kan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar